Pages

Tuesday, September 30, 2014

Biarkan Aku Mengerti Bahasa Cintamu



Saat kita mencintai pasangan dan anak-anak kita, kita berharap mereka juga membalas cinta dan kasih yang kita curahkan. Namun ada kalanya kita kecewa karena pasangan dan anak-anak bersikap seolah mereka tidak menyayangi kita. Tidak jarang juga mereka yang kecewa dengan cara kita mencintai mereka.

Cinta memiliki banyak bahasa. Ada yang terucap, ada yang tak terungkap dalam kata. Ada yang terasa jauh dan sulit sekali digapai, padahal dia selalu ada disampingmu. Ada yang terasa terlalu menghimpit dan menyesakkan, padahal dia hanya sekedar memperhatikanmu. Cinta yang memberi, cinta yang menuntut.

Ternyata, masing2 pribadi memiliki bahasa cinta yang berbeda. Dan untuk bisa mencintai dan dicintai secara menyenangkan dan memuaskan, kita harus berusaha mengerti bahasa cinta pasangan dan anak-anak kita, begitupun sebaliknya.

Menurut Gary Chapman, seorang Penasihat Pernikahan, ada 5 Macam bahasa cinta sbb :


5 Love Languages - Gary Chapman

Seseorang yang membutuhkan "Kata-kata Dukungan", akan cukup baginya selama kita selalu bersikap supportif, tidak mencelanya, tidak membantahnya. Bicara dengan baik dan manis padanya, adalah pernyataan cinta kita baginya. Kata-kata yang menimbulkan semangat dan kalimat-kalimat cinta, akan selalu membuatnya bahagia.

Pasangan atau anak-anak yang menyukai "Pelayanan", biasanya akan sangat menghargai apabila kita melakukan hal-hal yang nyata untuk mereka. Misalnya, membawakan tas anak2 dan menyimpankannya untuk mereka, melepaskan sepatu dan membuatkan teh bagi suami sepulang kerja, memasak dan menyiapkan rumah untuk suami dan anak-anak... Membantu Ibu melakukan tugas2 rumah tangga. Membawakan makanan dan membantu Istri minum obat saat dia sakit.. begitulah.. hal-hal yang melayani, meskipun kecil, akan sangat berharga bagi orang2 dengan bahasa cinta ini..

Ada pula orang-orang yang menganggap "Hadiah dan Pemberian" barang merupakan bahasa cinta bagi mereka. Bawakan Istri setangkai mawar saat anda pulang dari kantor. Atau selipkan coklat kesukaan anak-anak sebagai kejutan manis. Belikan cangkir kopi yang bisa dipakai suami di kantor dan bungkus dengan menarik..bisa juga belikan makanan kesukaan ibu saat dia lelah memasak. Hadiah-hadiah ini akan membuat orang type ini akan merasakan perhatian dan kasinh sayang anda pada mereka.

Sementara mereka yang menginginkan "Kebersamaan dan Waktu" kita, sesungguhnya menginginkan keberadaan kita disisinya secara berkualitas. Tidak akan berarti hadiah dan kata-kata rayuan anda baginya. Namun tidak berarti pula anda harus selalu ada bersamanya, 24/7, tetapi cukuplah bila anda sediakan waktu bersamanya misalnya seminggu sekali, hanya bersamanya untuk sekedar berbincang, berjalan-jalan, minum kopi, nonton film atau makan malam. Dan saat itu, curahkan semua perhatian anda kepadanya. Maka cukuplah baginya untuk mengetahui betapa anda mencintainya.

Sedangkan mereka yang membutuhkan "Sentuhan Fisik" sebagai ungkapan cinta, maka sekedar sentuhan yang lembut, belaian pada rambut, tepukan pemberi semangat di punggung, genggaman tangan, pelukan yang hangat dan mesra, kecupan di pipi, itulah yang bisa melambungkan mereka ke langit ketujuh..

Jadi ternyata, dengan bahasa cinta yang berbeda, berlainan pula cara kita memperlakukan pasangan dan anak-anak atau anggota keluarga yang lain sebagai ungkapan kasih sayang kita. Jangan enggan pula untuk menyatakan atau memberi isyarat tentang apa yang anda sukai dan hargai sebagai ungkapan kasih sayang mereka. Masing-masing harus belajar mengungkapkan cinta pada pasangan dan keluarganya dengan cara yang langsung mengena dan membekas di hati mereka. 

Hmm... jadi teringat anak-anak dan suamiku.. bahasa cinta yang manakah yang akan membuat mereka balik mencintaiku sampai akhir hayat??





by : Yulinda
http://klappykoe.com



4 comments:

Unknown said...

Kalau aku ingin dicintai dengan pelayanan dan waktu kebersamaan dengannya. Sedangkan anak-anakku lebih suka dicintai dengan pelayanan, sentuhan dan waktu kebersamaan.

Unknown said...

ehmmm.... cinta yah? cinta adalah kekuatan dasyat melebur jadi satu dlm sebuah kasih sayang yg nyata, cinta banget sm dia, iyaa dia..uhuk uhuk

Bunda Runny said...

bahasa cinta? selalu speechless kl dah bicara cinta.... biarkan hatiku saja yang berkata karena rasa cintaku tak dapat diungkapkan dengan kata2....

Yulinda said...

Biasanya seseorang yg tdk bisa mengungkapkan cinta dalam kata2, maka dia akan memperlakukan org yg dicintainya sebagaimana dia ingin diperlakukan.. Disitu kita bisa melihat type bahasa cinta yg mana yg menjadi favoritnya..:-)